Senin, 09 Januari 2012

8 FAKTA HIDUP SEHAT

Di Era serba instan, hidup sehat sangatlah mahal. Orang gampang sakit, stres, dan biaya rumah sakit lumayan mahal dalam arti yang sesungguhnya. Penggunaan zat-zat berbahaya pada makanan dan minuman menjadi salah satu faktor merebaknya berbagai macam penyakit. Belumlagi pola hidup yang kacau, tekanan ekonomi-sosial dan lingkungan kerja, atau buruknya lingkungan alam. Menyiasati hal ini, kita dituntut untuk pandai-pandai mengatur kebiasaan makan-minum, gaya hidup, bahkan kesehatan jiwa. Untuk itu, fakta kesehatan yang dirangkum dari berbagai sumber ini kami harapkan bisa membangkitkan kembali semangat hidup sehat.
  •  LEBIH BANYAK BERGERAK Buatlah semacam tantangan kecil untuk lebih banyak bergerak, seperti naik tangga ketimbang menggunakan lift atau eskalator, jalan-jalan bersama anjing kesayangan, bermain kejar-kejaran dengan anak-anak, olah raga ringan di rumah, atau berkebun. Apapun yang membuat badan bergerak, bukan saja bermanfaat mengolah tubuh, tapi juga menurunkan stres. Lagi pula, "lebih banyak bergerak" jauh lebih murah dan tidak banyak memakan waktu seperti fitness atau aerobik. 
  • SELEKSI MAKANAN Kurangi atau hindari makanan berlemak seperti goreng-gorengan, burger, dan daging berlemak (bacon, ham, sosis, atau ribs). Batasi juga makanan atau minuman serba instan yang berpotensi menggunakan bahan pengawet, kacang- kacangan, sand-wich, mayones, mentega, saus, atau sosis. Pilih produk-produk sehari-hari seperti keju, minyak goreng, atau susu yang rendah kalori. 
  • STOP MEROKOK Di Amerika Serikat, sejak 1960 sudah ada imbauan untuk menghindari rokok. Tapi, ibarat buah kuldi di zaman Adam-HAwa, Rokok (berikut industrinya) terus menggoda orang untuk menikmatinya. Padahal, akibatnya cukup fatal. Di dalam sebatang rokok terdapat ribuan zat berbahaya yang mengganggu kesehatan tubuh. Jadi, tak ada kata terlambat, STOP MEROKOK. 
  • BERPIKIR POSITIF Berpikir dan bertindak positif merupakan salah satu upaya untuk meredam stres. Lakukan hal-hal yang kita sukai, seperti memancing, berjalan di tepi pantai/pegunungan, mengunjungi teman, mendengarkan musik, atau nonton film. Bisa juga melakukan meditasi. Banyak cara yang bisa membuat Kita bahagia. 
  • HATI-HATI DENGAN POLUSI Jika tidak bisa menghindararea berasap polutan, terutama yang tinggal di kota-kota besar, paling tidak hindari area merokok, daerah macet, berolah raga di dekat jalan raya. Tanami halaman rumah denganberagam jenis pepohonan dan rerumputan. 
  • BERSIHKAN GIGI Ini mungkin terkesan sepele. Tapi, kebersihan gigi sangatlah penting. Sisa-sisa makanan di sela-sela gigi adalah salah satu sumber penyakit. 
  • MAAF, SAYA TIDAK "MINUM" Ketika sebuah studi mengatakan minum anggur segelas sehari (laki-laki 2 gelas) bisa membantu terapi serangan jantung, hal buruk lainnya mengintai seperti penyakit hati dan ginjal, serta kanker. Untuk amannya, katakan saja "Maaf, saya tidak minum". 
  • GEN DAN KESEHATAN Hubungan antara genetika dan kesehatan memang terbukti cukup kuat. Tapi, bukan berarti karena itu kita ditakdirkan mati muda sehingga membuat kita tidak berupaya untuk hidup lebih sehat. Tetap ikuti dasar-dasar pola hidup yang sehat, dan kita bisa menghindari "kutukan" kesehatan buruk dari gen keluarga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar