Senin, 16 Januari 2012

Penanganan Pertama-Cedera akibat Olahraga

     Jika Anda merasakan tanda-tanda cedera otot. Anda perlu mencegah agar tidak berkembang menjadi parah. Cari tahu penyebab cedera, apakah akibat kesalahan mengeksekusi teknik ataupun masalah peralatan pendukung yang digunakan. Jika Anda menemukan penyebab utama cedera Anda maka besar kemungkinana Anda dapat melakukan proses penyembuhannya.
     Hal pertama yang harus dilakukan pada cedera yang akut adalah mencegah pembengkakan secara berlebihan. Bagian tubuh yang bengkak menyebabkan rasa nyeri serta berkurangnya kemampuan untuk bergerak. Jangan pernah memberikan rasa hangat ataupun panas kepada daerah yang sedang mengalami cedera karena hanya akan menambah parah pembengkakan.
     Dibawah ini ada hal-hal yang harus Anda lakukan ketika tanda-tanda tersebut muncul pada saat melakukan aktivitas olahraga.
  1. Stop aktivitas olahraga Anda segera. Jangan menundanya karena hal tersebut dapat memperparah kondisi ataupun gejala yang terasa.
  2. Jika memungkinkan, perban daerah yanag mengalami cedera agar tidak bergerak dan menimbulkan cedera yang baru.
  3. Berikan es yang telah dimasukkan kedalam kantung plastik. Jangan menempelkan lebih dari lima belas menit untuk mencegah frestbite pada daerah yang cedera.
  4. Segera konsultasikan ke dokter ahli agar cedera dapat ditangani secara medis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar