Selasa, 10 Januari 2012

PEDE, JAMUAN RESMI

     Diundang ke jamuan resmi ? Aduh pusing sekali memikirkannya. Tentu saja itu bagi mereka yang belum pernah diundang ke jamuan makan resmi. Ada etika makan disitu, yang bisa membuat orang yang tak biasa deg-degan. Jangan-jangan salah, jangan-jangan bikin malu. Yang sudah biasa diundang ke acara ini tentu akan santai saja. Karena mereka telah mengetahui etika makan di acara tersebut.
     Dalam jamuan resmi, tamu yang hadir adalah orang-orang pilihan. Orang-orang terhormat dengan kedudukan tinggi. Meja ditata apik sedemikian rupa, sehingga tampak rumit bagi yang tak terbiasa. Ada aturan umum yang berlaku di sana. Aturan yang sangat mudah untuk dipelajari.
     Sebenarnya tak ada yang perlu dicemaskan. Kunci utama adalah sikap tenang, percaya diri dan selalu sopan serta ramah.
Nah jika suatu saat anda mendapat kesempatan diundang ke sebuah jamuan resmi, ikutilah tips berikut ini: 
  • Pastikan anda duduk di kursi dan meja yang memang disediakan untuk anda,
    Biasanya dalam jamuan resmi tiap tamu telah mendapat tempat khusus. Gampangnya, tunjukkan kartu undangan anda dan sebutkan nama pada petugas atau pelayan. Mereka akan mengantar anda ke tempat anda. 
  • Duduklah dengan tegak dan rileks.
    Yang harus dihindari adalah menelungkupkan tangan di atas meja, bertopang dagu, atau menumpukan siku tangan di atas meja. 
  • Lap/serbet makan
    Anda boleh meletakkan lap makan di pangkuan anda. Jika tidak letakkan di sisi kiri piring anda selama jamuan belum selesai. Jika selesai lipat dan taruh di sisi kanan piring. 
  • Alat makan
    Alat makan pada jamuan resmi selalu ditata dari luar ke dalam. Gunakan patokan gunakan yang paling luar / pinggir dahulu. Letakkan alat makan yang sudah dipakai di atas tempatnya. Sendok garpu di atas piring, sendok sup di mangkuk sup, sendok teh di atas gelas. Jangan letakkan di atas meja. 
  • Bicara seperlunya
    Jangan bicara saat mulut penuh, kunyah dengan santai, jangan bersendawa.Jangan memaksa untuk mengunyahnya, Keluarkan dengan cara yang sopan. Jangan sekali-kali meletakkannya atas meja atau lap makan. Sebab akan tampak menjijikkan.    
Tips lainnya yang juga tak kalah penting adalah :
  1. Perhatikan Dress Code. Pastikan pakaian yang anda pakai sesuai dengan dress code atau sesuai dengan acara yang berlangsung.
  2. Datang lebih awal, agar punya waktu untuk menyesuaikan diri dengan tamu lainnya atau suasana.
  3. Masih bingung juga ? Perhatikan gerak-gerik orang di sekitar anda, lalu ikuti.
  4. Sesekali ikutlah workshop Table Manner
Nah demikian, etika makan di jamuan resmi secara umum, Tidak terlalu menyulitkan bukan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar